Lagu Dugem Funkot

Funkot (singkatan dari Funky Kota) adalah sebuah genre musik elektronik yang lahir pada tahun 1990an. Berbicara musik funky kota alias funkot memang tak bisa lepas dari musik dangdut. Secara kasar musik funkot masih memiliki ciri khas dangdut, yakni lewat cengkok vokalisnya yang tetap khas. Namun perbedaan radikal terdapat dalam instrumentasinya. Alih-alih memanfaatkan kendang dan suling yang suaranya menjadi asal muasal kata dangdut, musik funkot tak ubahnya sebuah musik electro bahkan EDM sekalipun. Toh tujuan utamanya agar orang-orang berjoget kan?

Slidee Lagu Dugem Funkot

Musik funkot mengandalkan instrumentasi elektronik, dengan suara-suara synth ajaib ber-pitch tinggi, sample suara bule, dan triple bass kick super kencang hingga mencapai angka 200 BPM lebih. Oh, jangan lupa ada banyak cowbell, alias bunyi tung-tung yang menjadi karakterisitik ketukan beat dalam musik funkot.

Musik funkot bermula dari kebiasaan para DJ ibu kota yang memainkan dan me-remix lagu dengan berbagai macam gaya musik house mulai dari disko, italo disco hingga electro funk. Karena perpaduan gaya tersebut dan ditambah dengan sentuhan khas lokal, jadilah yang disebut musik funkot, yang kini setara dengan genre musik EDM lain yang lebih populer di dunia seperti Hi-NRG, Happy Hardcore, Eurobeat dan Gabber. Kenapa namanya funky kota, karena memang dulu funkot lahir di Glodok dan kemudian dimainkan di sekitaran daerah Kota, misalnya dari seputaran Harmoni hingga Mangga Besar. Klub di Jakarta Selatan seperti di Kemang, Senayan, dan sekitarnya dari dulu sudah anti musik funkot.

Namun di dekade 2000-an, musik funkot mulai jarang dimainkan di kota besar. Ini karena musik dangdut koplo di sekitaran tahun itu juga mulai memasukkan unsur funkot agar terdengar lebih modern. Ambil contoh lagu dangdut SMS atau Cinta Satu Malam, yang merupakan bukti sukses perpaduan antara dangdut koplo dan funkot. Dan di sinilah masalahnya, karena lewat musik itu, lebih banyak lagi musik dangdut koplo yang mengekor formula SMS.

Akibatnya, dangdut koplo dan funkot sulit terpisahkan. Padahal keduanya berbeda, loh. Dangdut koplo sendiri aslinya adalah mutasi dari dangdut campursari yang kuat unsur tradisionalnya dengan berbagai macam seni musik lain seperti kendang kempul dari Banyuwangi, jaranan dan juga gamelan.

Nah, karena orang nggak bisa membedakan lagi antara funkot dan dangdut koplo, akhirnya malah jadi dipukul rata. Sekarang funkot bukan lagi dianggap musik house dari Kota, malah jadi musik dangdut yang populer di area Pantura (pantai utara). Keadaan diperparah lagi akibat remixer-remixer yang menyulap lagu pop masa kini menjadi terdengar lebih “dangdut.”